Tempat para Developer Gaptek

AD BANNER

17 August 2017

Cara Membuat Game Seperti Asteroid Menggunakan GameMaker #1

Assalamu'alaikum wr.wb

Tutorial membuat game sederhana kali ini adalah game asteroid. Cara membuat game sederhana untuk pemula memang susah" gampang apalagi yang benar" pemula dalam bidang Game development. Kali ini saya Membuat game asteroid menggunakan game maker. Disini juga sudah disediakan Software GameMaker Professional yang bisa kalian download dibawah.

Asteroid adalah game dari Atari yang bergenre shooting. Bertema diluar angkasa, player diharuskan menembak seluruh asteroid/musuh yang mencoba menghancurkan pesawat kalian. Simple kan gamenya? sekarang kita coba membuat sendiri game asteroid menggunakan game maker studio.


tutorial membuat game asteroid

Bahan :

1. Software GameMaker : Studio [ GMS Professional.zip ] via GoogleDrive.


Tutorial :

1. Buat Sprite baru, caranya klik kanan "Sprites" lalu "Create Sprite". Beri nama "spr_pesawat" atau sejenisnya. Lalu klik "Edit Sprite" dan beri ukuran 32x32. Setelah itu akan nampak canvas kosong dengan nama "image 0", klik dua kali canvasnya. Lalu mulailah menggambar pesawat sesuai keinginan kalian. Jika sudah selesai, klik icon ceklis.

tutorial membuat game sederhana


2.  Buat Object baru, caranya klik kanan "Objects" lalu "Create Object". Beri nama "obj_pesawat" lalu gunakan Sprite yang tadi kalian buat dan sisanya biarkan saja. Tambahkan Event baru, caranya klik "Add Event" dan pilih "Step" lalu "Step" lagi. Setelah itu, Drag&Drop icon "Execute Code" pada tab "Control" ke kolom "Actions" untuk menulis codingannya. Setelah itu lalu Save.

tutorial game maker bagi pemula

Copy code berikut :


4. Buat Room baru, caranya klik kanan "Rooms" lalu "Create Room". Beri nama "rm_game" dan atur ukuran displaynya (saya sarankan 600x480). Isi "Speed" dengan 60. Ganti warna backgroundnya dengan warna hitam. Lalu pindah ke tab "Objects" (masih di menu 'Room Properties'). Browse object yang tadi dibuat, lalu pasang/masukan objectnya ke room.

tutorial membuat game seperti asteroid


5. Coba jalankan Programnya, caranya dengan menekan tombol F5.


Masih bingung? kalian bisa mendownload Source Program Tutorial ini [ Source Program PT1.gmz ] via GoogleDrive.
Ini game Asteroidnya yang sudah jadi (controller : R to Restart, Q to Quit) [ DeveloperGaptek-Asteroid.exe ] via GoogleDrive.


Oke sekian dulu tutorial game maker untuk pemula kali ini.
Mohon maaf bila ada kesalahan.
Wassalamu'alaikum Wr.Wb

Lanjut ke [ Cara Membuat Game Seperti Asteroid Menggunakan GameMaker #2 ]

1 comment:

###

AD BANNER